Translate: Bahasa

Live Chat

Makanan Bergizi

Makanan Bergizi yaitu Empat sehat lima sempurna tetapi tidak selamanya sehat bahkan bisa menjadi emat sehat lima sakit bila kurang pandai memilih makanan.
Makanan Bergizi

            Empat sehat lima sempurna, adalah istilah yang sudah umum bagi anda. Ini berarti pentingnya padi-padian yang mengandung hidrat arang, lauk-pauk yang mengandung protein dan lemak serta sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin dan mineral. Perlunya memilih lauk-pauk disebabkan tidak selamanya lauk pauk itu menyehatkan. Empat sehat lima sempurna tidak selamanya sehat bahkan bisa menjadi emat sehat lima sakit, bila anda kurang pandai memilih makanan-makanan yang benar-benar akan menyehatkan tubuh.

            Pertanyaan yang dapat timbul ialah apakah empat sehat bisa juga sehat, bila tanpa daging? Para ilmuwan memberikan pendapat mereka bahwa hal tersebut ternyata mungkin, bahkan empat sehat tanpa daging atau ikan bisa saja menjadi empat sehat dan sudah sempurna. Marialah kita lihat pembahasan ini dengan lebih jelas.

Hidrat Arang

            Sebagian besar dari kalori yang terdapat di dalam tubuh manusia berasal dari hidrat arang, atau karbohidrat, yang biasanya di sebut zat tepung. Anda telah lama mengetahui bahwa hidrat arang ini mempunyai fungsi untuk memberi tenaga dan juga rasa kenyang.

            Jumlah hidrat arang yang dibutuhkan manusia tergantung pada usia dan pekerjaannya. Umumnya orang dewasa yang bekerja tidak terlalu berat membutuhkan rata-rata 8-12 gram per kilogram berat badan setiap hari. Artinya seorang yang mempunyai berat badan 60 kg, memerlukan 480-720 gram hidrat arang per hari, Sedangkan 70 persen dari jumlah kalori yang dibutuhkan berasal dari hidrat arang.

            Apakah sumber dari hidrat arang? Ternyata bahwa sumber hidrat arang adalah seluruhnya dari tumbuh-tumbuhan . Juga hidrat arang berasal dari padi-padian, umbi-umbian dan sagu yang meliputi beras, jagung, gandum,ubi jalar, singkong dan kentang. Sedangkan daging sama sekali tidak mengandung hidrat arang.

            Untuk kepentingan anda yang akan menyusun menu di rumah, kami lampirkan kadar hidrat arang untuk beberapa macam makanan untuk setiap 100 gram bahan makanan,agar anda dapat menghitung kalori makanan yang dimakan yang diberikan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia:

Makanan sumber hidrat arang :                                   Jumlah hidrat arang

(100 gram)

Beras                                                                                            73 gram

Jagung                                                                                         63 gram

Tepung gaplek                                                                           35 gram

Singkong                                                                                     32 gram

Ubi Jalar                                                                                     28 gram

Kentang                                                                                       19 gram

Sagu                                                                                              85 gram

Roti Tawar                                                                                  46 gram

Bihun                                                                                            82 gram

Mie kering                                                                                   50 gram

Makaroni                                                                                     79 gram

Lemak           

            Lemak mempunyai peranan yang penting dalam tubuh manusia, sebab lemak adalah sumber energi yang tinggi. Satu gram lemak dapat menghasilkan 9 kalori. Sama seperti bensin pada mobil, demikian pula lemak pada tubuh manusia. Beberapa fungsi yang lain dari lemak adalah sebagai berikut:

  • Melarutkan vitamin A, D, E dan K sehingga dapat diserap oleh dinding usus halus.
  • Melindungi alat-alat tubuh yang halus.
  • Memperbaiki rasa pada makanan.

Sesuai dengan rekomendasi dari Food and Nutrition Board of the National Research Council pada tahun 1948 bahwa antar 20% sampai 25 % dari pada kalori hendaknya datang dari lemak. Food and nutrition Board of theNational Research Council pada tahun 1974 masih belum mengadakan perubahan yang pasti mengenai masalah ini. Bila kebutuhan kita rata-rata 20140 kalori per hari, sedikitnya 408 kalori haruslah berasal dari lemak. Ini berarti kita memerlukan sedikitnya 46 gram lemak per hari.

Lemak dapat kita peroleh dari hewan, yang disebut lemak hewani, sedangkan lemak dari tumbuh-tumbuhan disebut lemak nabati. Bahan makanan nabati yang mengandung lemak ialah: kelapa, kenari, kacang tanah, santan dan minyak kelaa, minyak kacang dan minyak jagung. Lemak hewani terdapat dalam sapi, kambing, susu, keju , minyak ikan , telur dan lain-lain.

Bila anda memerlukan 46 gram lemak per hari , lemak manakah yang anda akan pilih? Satu pertimbangan yang penting ialah apakah lemak tersebut adalah lemak yang jenuh atau lemak yang tidak jenuh.

Protein

            Lebih kurang 13% dari kalori yang dibutuhkan oleh tubuh berasal dari protein. Beberapa fungsi yang penting dari protein meliputi:

  • Membentuk sel-sel jaringan tubuh ( dalam masa pertumbuhan)
  • Mengganti sel-sel tubuh yang sudah rusak
  • Memberi tenaga jika jumlah hidrat arang dan lema tidak mencukupi kebutuhan tubuh.

Kekurangan protein, teristimewa menyebabkan penyakit Kwashiorkor pada anak-anak, sedangkan pada orang dewasa dapat menimbulkan penyakit busung lapar. Berapa gram protein kita butuhkan dalam sehari? Pada anak-anak sekitar 2-3 gram per kilogram berat badan. Pada permulaan abad ke 20 umumnya para dokter mengakui bahwa manusia membutuhkan 118 gram protein per hari.Tetapi, seorang ahli gizi dari Denmark yaitu Dr. Mikkel Hindhede mengatakan bahwa kebutuhan protein untuk orang dewasa ialah 65 gram per hari. Pada tahun 1974, National Research Council dari Amerika Serikat, mengusulkan bahwa kebutuhan protein dalam suatu hari adalah 56 gram. Tetapi, sesuaai dengan Widya Karya Pangan Gizi yang diadakan di Bogor tahun 1978, dikatakan bahwa rakyat Indonesia memerlukan 2100 kalori dengan 46 gram protein per hari. Dapatkah jumlah ini dicapai oleh seorang vegetarian? Ternyata mudah sekali. Dengan melihat kepda daftar komposisi makanan, dengan mudah anda dapat membuat menu makanan vegetarian hingga dapat mencapai kebutuhan protein sehari-hari.

          Untuk jangka waktu lama, para ilmuwan menganggap daging sebagai sumber protein kelas utama, sedangkan tumbuh-tumbuhan sebagai sumber protein kelas kedua. Apakahhal ini dapat dibenarkan sekarang ini? Satu hal yang harus kita ingat ialah bahwa kita memerlukan protein, sebab adanya komponen asam amino yang membentuk protein tersebut. Ada dua macam asam amino yaitu asam amino non essensiel dan asam amino essensiel yang tidak dapat di bentu oleh tubuh, sehingga sangat penting dan dapat diperoleh dari makan sehari-hari. Ada 22 macam asam amino yang diketahui, tetapi hanya 10 macam asam amino essensiel yang diperlukan oleh tubuh. Telah lama diperdebatkan bahwa protein tumbuh-tumbuhan tidak mencukupi dalam asam amino essensiel tersebut, sehingga anggapan bahwa protein hewani lebih penting dari protein nabati. Tetapi, ternyata hasil dari riset telah menunjukkan bahwa kacang kedele mempunyai kadar asam amino essensiel dua kali lipat di bandingkan dengan daging, dan empat kali lipat dari telur.

          Kita lihat dari data yang telah diberikan oleh Shuman, Soy Flour, Soya Food Reserch Council, Amerika Serikat.

JUMLAH ASAM AMINO ESSENSIEL

Per 100 Gram Ekstrak

                                                          Kacang Kedele oil meal          Daging Sapi     Telur

Protein mentah                                            48.52                           21.65               13.70

Arginine                                                           3.50                             1.35              0.85

Histidine                                                          1.12                             0.18              0.33

Isoleucine                                                        2.65                             1.13              0.80

Leucine                                                             3.65                            1.86                1.23

Lysine                                                               2.83                            1.96                1.03

Methionine                                                     0.65                            0.54                0.45

Phenylalalnine                                               2.32                            0.91                0.66

Threonine                                                        1.95                            0.97                0.64

Tryptophane                                                   0.82                             0.26                0.21

Valine                                                                2.59                             1.15                 0.93

Air

          Walaupun tidak termasuk dalamzat makanan, air mutlak dibutuhkan tubuh manusia untuk hidup. Air merupakan bagian terbesar dari sel-sel tubuh. Tubuh manusia terdiri dari 56% air.

          Semua pekerjaan tubuh tergantung kepada air. Kegunaan air di dalam tubuh manusia adalah untuk:

  • Membangun sel-sel tubuh
  • Membentuk cairan tubuh
  • Mengangkut zat-zat makanan dan sisa makanan
  • Mengatur suhu tubuh
  • Melarutkan zat-zat dalam tubuh

Guyton menyebutkan, air sebagai sistim transportasi ke dalam dan keluar dari 100.000.000.000.000 sel tubuh.

Pergerakanair ke dalam mauoun ke luar sel adalah hal yang vital agar manusia tetap hidup. Jumlah air yang dapat ber-difusi masuk dan keluar suatu sel, dalamsatu detik ialah 100 kali volume dari sel tersebut. Satu keajaiban yang luar biasa. Dengan kata lain, air tidaklah statis dalam tubuh manusia. Air mengalir keluar masuk dalam urat syaraf, otot, tulang dan kulit.

Bagaimana pentingnya peranan air dapat anda lihat dalam penilaian berikut: Plasma darah terdiri dari 19% air, 24% dari seluruh jumlah darah anda mengalir ke ginjal pada setiap menit untuk dibersihkan dan untuk membuang kotoran. Tanpa air anda akan menjadi sakit.

Bila kadar air dalam tubuh berkurang untuk 6%, berarti keadaan anda sudah di bawah normal dan bila kekurangan air mencapai 20%, maka hal tersebut dapat menyebabkan kematian.

Anda dapat kehilangan sampai kira-kira 1,5 liter air tanpa anda sadari. Satu sampai satu setengah liter akan eluar dari tubuh anda melalui ginjal dalam bentuk air seni. Jika anda bekerja banyak pada hari yang panas, anda dapat kehilangan air melalui kulit sampai 5,5 liter.

Dengan melihat pentingnya air, maka sudah selayaknya kita haru minum cukup air, sedikitnya 8 gelas per hari. Di samping minuman lainnya. Disamping air yang anda minum, anda pun dapat memperoleh air dari makanan. Tanpa perincian yang teliti anda dapat langsung mengambil kesimpulan bahwa buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung lebih banyak air daripada makanan daging. Dengan demikian, makan vegetarian adalah sumber air yang baik bagi manusia.

Leave a Comment