Translate: Bahasa

Live Chat

Terapi Jus dan Ramuan Alami Tradisional untuk Hipertensi

Terapi Jus dan Ramuan Alami Tradisional untuk Hipertensi dengan Mengonsumsi bahan-bahan alami serta dalam penggunaan dan memanfaatkanya harus tepat.
Terapi Jus dan Ramuan Alami Tradisional untuk Hipertensi

            Apabila kita ingin menurunkan tensi tinggi tidak ada salahnya apabila kita melihat kembali dan mencoba atau memilih berbagai resep nenek moyang yang sudah dipakai sejak zaman dahulu. Pengobatan seperti yang dilakukan nenek moyang ini kini lebih dikenal dengan istilah pengobatan secara tradisional. Pengobatan secara tradisional ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan peran dan fungsi obat dari dokter. Walaupun seperti ini, paling tidak obat tradisional akan meringankan penderitaan sebelum pasien mendapatkan pelayanan kesehatan yang tepat. Oleh karena itu, sebaiknya pengobatan secara tradisional ini dilakukan beriringan dengan pengobatan modern dengan pengawasan dokter atau ahlinya.

Tata Cara Pembuatan dan Pemakaian

            Mengonsumsi bahan-bahan alami serta dalam penggunaan dan memanfaatkan terapi jus dan ramuan tradisional herbal kita harus memperhatikan teknik pembuatan dan pemakaiannya.

1. Sebelum dibuat menjadi jus atau rauan, semua bahan harus dicuci atau dibersihkan terlebih dahulu hingga bersih, kecuali bahan-bahan kering yang dibeli ditoko obat Tionghoa

2. Bahan-bahan yang akan direbus, sebelumnya dipotong-potong atau diiris-iris terlebih dahulu. Maksudnya agar zat-zat yang terkandung dalam bahan-bahan tersebut lebih cepat keluar dan menyatu dengan air yang digunakan untuk merebus

3.  Jus dapat dibuat dengan juicer listrik atau diparut, kemudian disaring

4.  Resep-resep yang ada , dapat dipilih salah satu saja dan dikonsumsi atau dimanfaatkan secara teratur

5. Bahan-bahan yang dipergunakan dalam pengobatan ini dapat dibeli di pasar tradisional, supermarket, toko obat Tionghoa.

6. Perlu diketahui, semua ressep yang tertera tidak dimaksudkan sebagai pengganti resep dokter, atau dapat pula obat tradisional ini dalam penggunaannya berdampingan dengan obat modern. Lebih bijaksana bila konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter keluarga anda atau ahlinya.

Sari buah dan sayuran atau jus dapat dibuat dengan berbagai cara. Bagi yangbelum mempunyai juicer listrik, bahan-bahan bisa diparut kemudian diremas dengan kain kasaa atau disaring dengan saringan. Buah atau sayuran yang diparut tidak boleh dicampur dengan air, karena sari buah yang kita inginkan adalah sari buah murni. Kecuali kita menggunakan blender maka boleh dicampurkan dengan air. Itulah sebabnya blender kurang cocok dipakai untuk pembuatan jus atau sari buah.

Bagi mereka yang sudah mempunyai juicer atau blender, pembuatan jus lebih gampang. Buah-buah dan sayuran dicuci bersih, kemudian dipotong-potong, baru dimasukkan ke dalam juicer tanpa ditambah air. Dengan demikian jus dari buah atau sayuran itu akan terpisah dari ampasnya. Jika ampasnya belum terlalu kering, boleh dimasukkan kembali ke dalam juicer agar seluruh sarinya bisa dimanfaatkan.

Aneka Buah dan Sayuran untuk Jus

            Negara Indonesia sangat kaya dengan berbagai macam buah, sayuran dan tanaman yang bermanfaat untuk pengobatan tradisional untuk hipertensi. Bahkan, beberapa jenis buah tersebut hanya dijumpai di Indonesia atau tida ada di negara lain. Khasiat zat-zat yang terkandung di dalam buah dan sayuran ini akan lebih tinggi jika buah atau sayuran dimakan dalam keadaan segar tanpa dimaak atau diminum sarinya. Dengan kata lain disajikan dalam bentuk jus. Berikut ini beberapa jenis kandungan yang ada pada buah dan sayuran tersebut.

Apel

            Apakah anda pernah mendengar pepatah kuno mengatakan An apple a day keeps the doctor away, atau satu apel sehari akan menjauhkan dari dokter. Ini berarti apabila orang makan satu buah apel setiap hari, ia akan bebas dari semua jenis penyakit. Semacam inilah nilai memakan apel itu. Apel memiliki segudang manfaat untuk kesehatan karena kaya akan gizinya. Khasiat apel dapat menambah dan meningkatkan energi vital, memperkuat limpa, memperlancar keluarnya air liur. Efek protektif apel terhadap penyakit jantung dan asma terkait dengan kandungan flavonoidnya, terutama quercetin.

            Kandungan pekitn dalam apel yang merupakan serat terlarut sangat baik untuk menurunkan kada kolesterol darah serta meningkatkan kemampuan otot usus untuk mendorong keluar kotoran melalui saluran usus. Serat tak larut dan pektin dalam apel secara teratur sehingga mengatasi konstipaasi maupun diare. Senyawa aktif yang terkandung dalam buah apel adalah asam ellagat dan flavonoid, terutama quercetin yang dikenal sebagai antioksidan kuat dan anti kanker. Buah apel mempunyai indeks glikemik (indikator kecepatan peningkatan gula darah) yang sangat rendah. Keadaan ini berarti bahwa kadar gula yang terdapat secara alami pada apel tidak akan membuat naiknya gula darah.

            Khasiat nongizi yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian, apel layak disebut sebagai dokter alami. Banyak hasil penelitian menunjukkan bahwa apel sangat besar manfaatnya dalam menurunkan kolesterol darah, menurunkan tekanan darah , menstabilkan gula darah, meningkatkan kolesterol baik atau HDL, membunuh virus infeksi, mengurangi selera makan, memperlancar pencernaan, mempertahankan kesehatan saraf, agen antikanker, dan menjaga kesehatan jantung.

Kandungan Gizi dan Fitonutrien

            Satu gelas jus apel berisi 15 mg kalsium, 22 mg fosfor, 15 mg zat besi, 15 mg sodium, 250 mg potasium, 2 mg vitamin C, dan sedikit vitamin B kompleks. Hasil penelitian yang dipromotori oleh korporat Vita Mix Cleaveland, Ohio, diketahui bahwa apel mengandung vitamin A 20 IU per 100 gr jus apel dan khrom 0,2 ppm(bagian perjuta). Serta Ellagic Acid, caffeic acid, dan khlorogenic acid (antikanker), pektin serta serat.

Belimbing

            Konsumsi 100 gram buah belimbing cukup mememenuhi 57 persen kebutuhan tubuh untuk vitamin C setiap harinya. Kandungan polifenol pada belimbing merupakan sumber antioksidan yang baik, karena dapat mengikat radikal bebas. Buah belimbing juga mengandung serat pangan yang cukup baik. Serat pangan sangat dibutuhkan tubuh untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal itu disebabkan oleh kemampuan serat untuk mengikat asam empedu, yaitu produk akhir dari metabolisme kolesterol. Mekanisme tersebut secara otomatisakan menurunkan kadar kolesterol.

            Buah belimbing mengandung kalium dan natrium dengan perbandingan 66:1 sehingga sangat baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi dan juga baik untuk jantung serta pembuluh darah. Kalium menjaga tekanan osmotik dalam cairan intraseluler dan sebagian terkait dengan protein. Kalium juga membantu mengaktivasi reaksi enzim. Sari buah atau jus belimbing secara teratur dan nyata sangat efektif menurunkankadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, dan trigliserida. Dan sebaliknya dengan minum jus belimbing dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah.

Bit

            Kandungan zat gizi yang tinggi pada bit sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dalam mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Kandungan asam folat pada bit berguna untuk pertumbuhn dan penggantian sel-sel yang rusak karena asam folat merupakan komponen penting dari DNA dan RNA. Asam folat juga berguna penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Kandungan kalium padabit berguna mengendalikan tekanan darah, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah.

Bayam

            Bayam merupakan sayuran yang kaya klorofildan karoten termasuk di dalamnya betakaroten, yang mempunyai sifat antioksidan. Vitamin dan mineral terdiri dari asam folat, vitamun K, vitamin A, vitamin B dan vitamin C, mineral yang terdiri dari dalam bayam bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, serta gangguan sembelit.

Brokoli

            Brokoli mengandung vitaminB, vitamin c, asam folat, dan betakaroten yang tinggi. Selain itu brokoli juga mengandung beberapa mineral, seperti kalsium, zat besi, fosofr, potasium, dan sulfur. Brokolisangat baik untuk menurunkan berat badan, dan bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi dan konstipasi.

Leave a Comment